Asuransi Adalah Risiko yang Terlindungi

By | February 13, 2016

Asuransi Adalah

Masih banyak masyarakat kita yang belum paham betul apa yang dimaksud dengan asuransi.

Mengingat betapa gencarnya pemerintah memberlakukan asuransi untuk warganya maka kita tentu dapat mengambil kesimpulan bahwa asuransi sangatlah penting.

Sebenarnya asuransi adalah pengalihan risiko dari pihak pertama (yang tertanggung) dengan pihak kedua (yang menanggung) sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan (polis).

Risiko yang Dilindungi Oleh Asuransi Adalah Hal-hal Terpenting dalam Hidup

Yang dimaksud dengan risiko pada pengertian asuransi adalah segala suatu hal yang mungkin saja terjadi pada seseorang, yang mana hal tersebut merugikan dari segi materiil.

Risiko yang masuk di dalam polis merupakan kerugian yang bisa diukur dengan uang.

Oleh karena itu, tak semua risiko bisa dilindungi oleh pihak asuransi.

Beberapa risiko yang bisa mendapatkan jaminan perlindungan dari perusahaan asuransi adalah:

  1. Biaya kesehatan
  2. Biaya pensiunan
  3. Biaya pendidikan
  4. Dan lain sebagainya.

Tidak heran jika banyak  yang berpendapat bahwa asuransi adalah cara paling efektif dan efisien untuk membantu Anda melindungi diri bahkan keluarga dari kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

Selain itu, berdasarkan Undang-undang pemerintah dapat kita simpulkan bahwa asuransi merupakan perjanjanjian terkait penggantian penghasilan terhadap yang tertanggung karena suatu hal.

Yang mana kerugian yang dimaksud adalah

  1. Biaya rumah sakit
  2. Biaya kebakaran
  3. Biaya kecelakaan
  4. Biaya kerusakan
  5. Biaya ataupun kehilangan.

Untuk mendapatkan perlindungan tersebut tertanggung diwajibkan untuk membayar premi setiap bulannya.

Premi asuransi adalah sejumlah dana yang wajib dibayarkan kepada pihak penyedia asuransi setiap bulan sebagai tanda keikutsertaannya dalam polis asuransi.

Biaya premi yang diharuskan tersebut tergantung dari ketetapan yang diberlakukan oleh pihak perusahaan asuransi.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi peserta asuransi perlu mengenal terlebih dahulu macam-macam asuransi agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Macam-macam Asuransi Adalah Berdasarkan Kebutuhan dari Para Nasabah

Macam-macam asuransi adalah jenis pertanggungan yang dipisahkan berdasarkan kebutuhan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa macam asuransi yang begitu diminati masyarakat diantaranya adalah

  1. Asuransi kesehatan
  2. Asuransi pendidikan
  3. Asuransi rumah
  4. Asuransi jiwa
  5. dan Asuransi kecelakaan.

 

Asuransi kesehatan begitu menarik perhatian masyarakat karena memberikan proteksi kepada tertanggung ketika menderita sakit.

Biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi terkait kesehatan ini adalah biaya obat, rawat inap, operasi, kunjungan ke dokter dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk asuransi pendidikan, tertanggung akan menerima perlindungan terkait pendidikan sang buah hati.

Namun, seringnya asuransi ini dikombinasikan dengan asuransi jiwa.

Jika Anda memiliki properti atau rumah yang wajib untuk dilindungi maka menggunakan asuransi properti merupakan pilihan terbaik.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian yang terjadi apabila terjadi suatu hal pada rumah yang Anda miliki entah kebakaran, terkena bencana alam dan lain-lain.

Asuransi jiwa sangatlah berguna untuk Anda yang merupakan seorang tulang punggung keluarga, yang mana jika Anda tidak ada maka akan ada pergantian penghasilan untuk keluarga yang ditinggalkan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Asuransi kecelakaan meliputi pergantian biaya cacat total, luka ringan bahkan kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja.

Nah, asuransi adalah suatu upaya yang dilakukan manusia untuk meminimalisir kerugian yang diperoleh karena risiko-risiko yang mungkin saja terjadi tersebut.

Mengingat betapa banyaknya asuransi yang tersedia maka pantas saja jika dikatakan bahwa asuransi adalah suatu keputusan serta perencanaan keuangan yang bisa dijadikan solusi terbaik untuk menjamin perlindungan di masa depan.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan asuransi tentu harus cerdas dalam memilih perusahaan asuransi terbaik agar tidak menyesal nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *